Papan Strategi Futsal Dan Sepak Bola

Pemain mengerti peraturan permainan Supaya pemain dapat melaksanakan permainan dengan baik dan sportif maka setiap pemain harus mengerti dan menguasai peraturan permainan. Hal yang perlu diperhatikan dari strategi tiki taka ini terletak dari pergerakan pemain serta operan yang akurat dan tepat sasaran. Strategi ini sering kali dilakukan untuk memancing permainan lawan agar lawan tersebut keluar dari daerah atau area pertahanannya sehingga lawan dapat terkecoh dan pertahanannya dapat teracak-acak. Bisa kita lihat dalam fase bertahan, fleksibilitas posisi dua pemain ini cukup membantu untuk menyederhanakan tugas tujuh pemain di belakangnya, karena hanya dua pemain ini saja yang mungkin mendapatkan tambahan peran.

Tidak lain karena taktik satu ini sangat jitu sekali untuk membuang-buang waktu dimasa akhir-akhir pertandingan. Alasan yang paling sering adalah untuk mempertahankan keunggulan gol tentunya. Nah taktik ini adalah taktik yang paling sering dilakukan oleh tim sepakbola, bukan hanya tim sepakbola tarkam (antar kampung) saja yang melakukannya bahkan tim top pun kerap melakukannya. Tim yang bisa memenangkan pertandingan adalah tim yang bisa mencetak gol lebih banyak dari lawannya. Di babak itu juga ditentukan siapa yang bisa mencetak gol lebih banyak dari lawannya.

Kadang-kadang masih banyak tim yang lupa bahwa mereka harus mencetak gol ke gawang lawan. Saat masih menjadi pelatih Barcelona tahun 1988, Johan Cruyff memperkenalkan taktik baru bernama Tiki-taka. Taktik seperti ini mengandalkan umpan-umpan pendek dengan pergerakan yang dinamis. Para pemain harus memindahkan bola melalui beragam cara, serta mempertahankan penguasaan bola. Strategi ini tidak menggunakan striker murni dalam penyerangan.

Strategi tersebut sukses membawa Timnas Spanyol membantai Timnas Italia 4-0 yang menerapkan strategi bertahan di final Piala Eropa 2012. Jakarta – Jose Mourinho merupakan sosok pelatih yang senang memainkan taktik pragmatis dalam memenangkan pertandingan.

Catenaccio membutuhkan pemain cerdas dengan kemampuan positioning yang baik untuk dapat memainkan peran sweeper. Barisan pertahanan di depan sweeper mesti memiliki kemampuan bertahan dan berduel dengan pemain lawan sebagai syarat mutlak. Ini adalah formasi yang sangat merepotkan bagi pemain lini belakang. Pasalnya, para bek harus kerja ekstra keras untuk bisa menyuplai bola ke lini tengah. Wigan dari Liga Inggris menerapkan skema ini dengan baik di era Roberto Martinez.

Bisa kita lihat disini jika ada satu lagi tugas untuk gelandang bertahan, padahal di fase sebelumnya dia juga harus menginisiasi build up serangan dengan turun untuk memperlebar area sirkulasi bola. Yang juga perlu diperhatikan adalah posisi dua pemain di sisi luar yang berada di halfspace (area antara flank dan tengah). Dua pemain ini adalah kunci untuk mendapatkan area sirkulasi bola yang lebih luas. Dengan kita mempunyai dua pemain yang berada di half space, sekarang kita memiliki akses umpan kepada ataupun dari fullback dengan jarak yang tidak terlalu jauh, sehingga kita bisa memastikan akurasinya akan cukup prima. Bentuk tiga pemain di belakang seperti ini sangat ideal untuk membantu area tengah dalam mengalirkan bola.

Dengan tugas mayoritas pemain yang tidak terlalu rumit, ditambahkan dengan keuntungan satu pemain ekstra di belakang karena kita memang memakai tiga bek, fase bertahan ketika memakai sangat bisa diandalkan. Jika fitur paling kuat dari serangan lawan terletak di pivotnya (seringkali gelandang bertahan) baik itu single ataupun double pivot, kita bisa mengunci dua gelandang serang kita agar terus dekat dengan mereka. Jika ternyata area flank yang menjadi kekuatan utama lawan, kita juga bisa menggeser gelandang serang kita untuk memperkuat area tersebut guna membantu wingback. Proteksi atas serangan balik akan diberikan oleh gelandang bertahan yang harus siap menutup posisi kedua fullback, tergantung di flank mana serangan balik datang.

Namun, serangan mendadak sulit dilancarkan dengan formasi ini, terutama jika para pemain sayapnya diberi tanggung jawab utama untuk meng- cover pertahanan. Oceano Football Stadium dibangun untuk memenuhi hasrat para penggila sepak bola di tanah air. Berikan teknik permainanmu untuk mengalahkan lawan, ini bisa kamu pelajari dengan melihat pemain-pemain andal di klub mini soccer dunia.

Jarak ketiganya dalam takaran cukup dekat untuk menjaga umpan agar tetap akurat. Tapi di sisi lain, jarak ketiga pemain ini justru akan membuat lawan kesulitan untuk melakukan pressing, kecuali jika pressing dilakukan sekaligus dengan memakai tiga pemain, yang tentunya akan sangat tidak efisien. Selain itu, tim yang menerapkan formasi ini para gelandang sentralnya juga dibebani tugas yang sangat berat, baik saat menyerang maupun bertahan. Pemain-pemain itu diakui seorang diri mampu menjadi perisai bagi lini pertahanan di saat kedua rekan gelandangnya naik ke posisi yang lebih ofensif untuk membantu serangan dari posisi sentral. Pertahanan yang solid dan tempo permainan yang terjaga adalah jaminan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *